March 3, 2024

Ternak Kambing Dari Program Dana Desa Tidak Terurus Mati Satu Persatu

banner 468x60

Merdeka45 News| KETAPANG – Dari hasil temuan dilapanggan oleh awak media, diketahui ada program bantuan pengadaan kandang dan hewan ternak di Desa Istana Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang Provinsi Kalbar dengan mengunakan dana DD Desa sebesar Rp. 182.173.000,- (Seratus delapan puluh dua juata seratus tujuh puluh tiga ribu rupiah) dengan jumlah hewan ternak jenis kambing 71 ekor. Namun, hampir 50% hewan tersebut mati dan hanya tersisa 34 ekor.

Menurut keterangan salah satu anggota kelompok yang mengurus kambing tersebut menjelaskan, bahwa dia awalnya mengusulkan program DD ketahanan pangan untuk beternak ayam karna lebih mudah dan sudah berpengalaman dalam beternak ayam, sementara untuk beternak kambing dalam kelompok yang berjumlah 10 orang hanya beberapa orang yang pernah memelihara kambing, saya tidak tahu dan tidak pernah beternak kambing dan sekarang dari 10 anggota kelompok hanya 5 orang saja yang aktif bergiliran untuk merumputkan kambing kambng tersebut, dan untuk kambing yang mati kami tidak tahu pasti mungkin akibat sakit batuk pilek dan anggota kelompok sudah mencoba menghubungi dokter hewan.

banner 336x280

Pada saat di komfirmasi ketua RT. 18 Dusun Terap, Bapak Bambag yang berada di lokasi kandang ternak kambing menjelaskan kepada awak media, bahwa dirinya tidak pernah diberi tahu Kepala Desa Istana maupun pihak pihak lainnya, dirinya melihat ada kandang dengan papan informasi prograam bidang pemberdayaan masyarakat Desa sub bidang penguatan ketahanan pangan tingkat Desa, ujar Bambang ketua RT. 18.

Dengan adanya temuan tersebut awak media langsung meminta waktu kepada Camat Sandai Bapak Markus di kantornya untuk menyampaikan temuan ini.

Dan pada saat pertemuan dengan Camat Sandai, sangat di herankan Camat sendiri tidak pernah dapat laporan dari Kepala Desa Istan Saslirais tentang progam yang mengunakan dana DD Desa dan adanya hewan ternak tersebut mati hampir 50%. Camat Sandai akan membentuk tim untuk mengecek ke lokasi kandang dan akan mengundang Kepala Desa istana saslirais untuk datang, terangnya.

Bapak Markus berterimakasih adanya informasi dari awak media kepada dirinya.

Tidak sampai disitu, sebelum berita ini diterbitakn awak media mencoba menghubungi Kepala Desa Istana Saslirais Via Whatapp, dan Kades Istana hanya menjawab, dirinya lagi berduka Sebab salah satu warganya meninggal dunia dan alamarhum tersebut tim sukses Kades Istana.

TIM

banner 336x280

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *