ANIES-MUHAIMIN DAN PRABOWO-GIBRAN BERSAING KETAT, MUNGKINKAH SATU PUTARAN PEMILU?

Politik33 Views
banner 468x60

Merdeka45 News| JAKARTA – Jakarta 16 Januari 2024. Peta persaingan elektabilitas memperlihatkan persaingan yang ketat antara pasangan calon Presiden-Wakil Presiden antara Anies-Muhaimin (33,2%) dan Prabowo Gibran (35,5%), sementara elektabilitas Ganjar Mahfud relatif tertinggal (16,8%).

Persaingan elektabilitas antara Anis-Muhaimin dan Prabowo-Gibran hampir terjadi disemua Kawasan, terutama Jawa.

banner 336x280

Laporan survei StarPoll sebelumnya di 6 provinsi Jawa, sebagai wilayah dengan 56% pemilih, memperlihatkan peta elektabilitas Anis-Muhaimin (32,6%) bersaing tipis dengan Prabowo-Gibran (37,9%). Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur tampaknya akan menjadi area perebutan suara paling ketat. Sedangkan Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah, Maluku dan Papua yang basis suara PDIP terbesar pada pemilu 2019 lalu.

Hal yang menjadi catatan dari laporan survei StarPoll adalah potensi swing voter yang relative masih tinggi dari semua paslon, terutama Amin dan Pragi.

Berdasarkan data tersebut, peneliti StarPoll, Kurniawan Zein, memperkirakan sulit untuk dapat melaksanakan pemilu 1 putaran, sebagaimana yang disuarakan oleh salah satu paslon, karena sesungguhnya ketiga paslon masih mendapatkan potensi dukungan pemilih dibawah 40%. Amin, bagaimanapun telah menggerus basis tradisional suara Prabowo pada pemilu 2019, yaitu Jawa Barat dan Banten. Sementara itu, suara Gen-Z terbelah antara Amin dan Pragi.

“Saya pesimis pemilu dapat dimenangkan satu putaran oleh ketiga paslon, apabila memperhatikan peta elektabilitas mutakhir. Tapi yang jelas pasangan calon Amin, mampu menggerus basis suara tradisional Prabowo yang telah mengikuti pilpres setidaknya dalam 1 dekade terakhir, pemilu 2014 dan 2019 yang lalu.” Ujar Kurniawan.

Survei LKPI Starpoll tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 dengan mewawancarai 2.500 orang yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka di 38 provinsi di Indonesia. Dengan metode ini survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tuty.sn

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *