March 2, 2024

Menuju Sukabumi Sehat Perlu Kolaborasi Semua Komponen

Foto : Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, saat menerima Tim kunjungan lapangan Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan RI.
banner 468x60

Merdeka45 News, Sukabumi – Syarat utama dalam penyelenggaraan kabupaten kota sehat adalah Kabupaten ODF dimana masyarakat sudah tidak ada lagi yang buang air sembarangan dan itu menjadi pencapaian Pilar ke 1 dalam STBM kabupaten Sukabumi, hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, saat menerima  Tim kunjungan lapangan Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan RI.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin oleh Asep Suryakusumah, SKM., MKM. Penerimaan berlangsung di Aula Kecamatan Nagrak, Selasa (19/09/2023).

banner 336x280

Diketahui Kabupaten Sukabumi juga mempunyai Satgas ODF yang sekarang di upgrade menjadi satgas Sanitasi Sosial Berbasis Masyarakat (STBM) dan untuk keberlanjutannya STBM Pilar ke 2 Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

“Kita sudah melaksanakan dan satu satunya di Jawa barat yang komitmen dalam Sanitasi Total serta sudah diberikan penghargaan tingkat provinsi dan nasional,” ungkapnya.

 

Peran Serta Semua Unsur

Wabup menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan KKS tidak terlepas dari peran semua unsur stakeholder yang terlibat, oleh karena itu diharapkan agar semua stakeholder dapat menjaga kekompakan dalam mensukseskan Kabupaten Kota  Sehat.

“Sukses Kabupaten Sukabumi dalam penyelenggaraan kabupaten Sukabumi sehat ialah Kolaborasi semua komponen,” tandasnya.

Terdapat Sembilan  Indikator Tatanan Penilaian

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim kunjungan Lapangan mengatakan, bahwa dalam penilaian KKS terdapat sembilan  Indikator  Tatanan Penilaian Kabupaten Kota Sehat diantaranya Tatanan Kehidupan masyarakat sehat mandiri, Tatanan  Pemukiman dan Fasilitas umum, Tatanan Pendidikan, Tatanan Pasar,Tatanan  Pariwisata, Tatanan Transportasi dan Tertib lalu lintas, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian, Tatanan Perlindungan sosial serta Tatanan Pencegahan dan penanganan Bencana.

Dalam acara tersebut tampak hadir Ketua Tim Pembina Kabupaten Sukabumi Sehat, Ketua forum silaturahmi kabupaten Sukabumi sehat, Kepala Dinas terkait, Camat Nagrak beserta jajaran dan tamu undangan lainnya.

 

Asep Iong

banner 336x280

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *